Apa Saja Event 2020 di Flores Timur? Berikut Calendar of Events-nya!

By Admin Pariwisata 23 Jan 2020, 10:29:19 WIB

Apa Saja Event 2020 di Flores Timur? Berikut Calendar of Events-nya!

Pada tahun 2019, banyak event bertema seni dan budaya yang digelar oleh Pemerintah Daerah Flores Timur baik melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud Flotim) maupun masyarakat atau komunitas adat setempat. Di tahun 2020, ada beberapa event yang bakal digelar baik itu yang difasilitasi oleh Pemda Flores Timur melalui Disparbud-nya, maupun event yang merupakan kalender tetap masyarakat adat setempat. Berikut selengkapnya;

MARET

PAU HORO BUBU : Ritual penghormatan kepada leluhur bernama Horo Bubu yang dilaksanakan oleh masyarakat adat Desa Sina Malaka, Kecamatan Tanjung Bunga. Pada saat ritual, dituturkan juga sejarah kedatangan orang-orang Riangkoli dari Sumatera ke Desa Sina Malaka sekarang.

APRIL

SEMANA SANTA: Ritual religius bertradisi Katolik warisan bangsa Portugis yang telah dilaksanakan selama lebih dari luma abad. Larantuka menjadi kota berkabung selama sepekan sejak Minggu Palma dengan puncaknya pada Prosesi Jumad Agung di mana ribuan peziarah baik domestik maupun mancanegara melaksanakan prosesi keliling Kota Larantuka dalam doa yang khusuk sambil mengusung Patung Tuan Ma (Bunda Maria). Pekan Semana Santa dilaksanakan pada tanggal 05 s/d 12 April 2020.

FESTIVAL BALE NAGI: Sebuah festival yang didedikasikan khusus untuk orang-orang Flores Timur diaspora yang berada di perantauan untuk kembali melihat kampung halaman sembari menyusuri kembali akar dari mana kita berasal. Festival ini juga bertujuan untuk meningkatkan lam tingggal para wisatawan peziarah yang mengikuti Pekan Suci Semana Santa. Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dari tanggal 04-14 April 2020 dengan venue berupa pentas seni budaya di lokasi sunset Kawaliwu, seminar, kunjungan ke tempat-tempat bersejarah dan launching buku Sejarah Semana Santa.

MEI

FESTIVAL NUSA SOLOR : Festival seni budaya berbasis masyarakat yang diselenggarakan di Pulau Solor. Wuún Nuran menjadi tonggak ritaul dalam festival ini. Ritual panen lima tahunan yang dilaksanakan oleh masyarakat Sulawaseng dan sekitarnya dengan puncak acara makan bersama hasil panen secara kolosal diirgi atraksi musik dan tarian tradisional.

JUNI

FESTIVAL NUSA TADON: Festival seni budaya yang dilaksanakan di Pulau Adonara, menampilkan beragam atraksi seni dan budaya Adonara seperti Sole Oha, Mensa, Hedung, Lili, Balumpa, dan open trip ke obyek wisata alam dan budaya di sana.

BERAUK :Ritual panen tahuan yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Karawutun, Kalike Aimatan dan Kalike Lamagohong di Pulau Solor. Lokasi ritual yang berda di puncak bukit dengan perkampungan tradisional bernuansa megalitik. Puncak ritual ditandai dengan tarian Sole semalam suntuk.

JULI

KOKE BALE : Ritual pembangunan rumah adat masyarakat Lewokluok. Hal yang unik dari ritual ini adalah pemotongan puluhan hewan kurban dan digantung di sekitar sumah adat selama sehari semalam dan dimasak keesokan harinya untuk disantap bersama nasi yang dibentuk seperti bola tenis dalam jumlah besar. Ritual ini bermana persatuan suku-suku yang berada di kampung Lewokluok.

SEPTEMBER

JAMBORE PARIWISATA NUSA TENGGARA TIMUR : Jambore Pariwisata Tahunan yang diikuti oleh 22 kabupaten/kota se provinsi NTT yang kali ini digelar di kota Larantuka. Jambore yang mempergelarkan beragam pentas seni dan atraksi budaya dari berbagai etnis di wilayah NTT.

FESTIVAL NUBUN TAWA: Festival seni budaya yang dilaksanakan oleh masyarakat etnis Lewolema. Tinju tradisional Sadok Nonga, atraksi memanah tradisional Leon Tenada, atraksi tenun, ritual perdamaian Belo Baja dan atraksi menarik lainnya akan dipagelarkan dalam festival ini.

OKTOBER

GERU RAMU: Geru Ramu adalah ritual unik berupa upacara penobatan dukun baru dan pembaharuan dukun lama yang oleh masyarakat Riangbaring, Kecamatan Ile Bura dipercaya sebagai pelindung kampung dari gangguan roh jahat. Atraksi pedang Wede yang dilaksanakan oleh para dukun menjadi tonggak dari ritual ini. Puncak ritual ini ditandai dengan pengobatan massal bagi seluruh masyarakat yang hadir.

So, itulah Calendar of Events di tahun 2020. Catat di agenda Anda, dan nikmatilah kunjungan Anda di Flores Timur.

Gambar promonya dapat didownload di sini.

 

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment