Danau Kota Kaya dan Benteng Adonara

By Admin Pariwisata 08 Jun 2018, 19:05:59 WIBWisata Alam

Danau Kota Kaya dan Benteng Adonara

Sebuah danau yang lebih mirip sebagai laguna yang terletak di pinggir pantai Desa Sagu, Kecamatan Adonara. Dengan ukuran luas yang memadai, saat ini tengah dijadikan sebagai tempat budidaya ikan bandeng. Berdekatan dengan Danau Kota Kaya, terdapat Benteng Adonara yang konon merupakan kubu pertahanan menghadapi penjajah. Dari Ibukota Kecamatan ± 7 km dan dapat ditempuh dalam waktu 20-30 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Desa Adonara sangat unik karena menyimpan misteri peradaban pulau Adonara, dimana tempat ini diakui sebagai desa adat bukan hanya oleh masyarakat di desa ini saja, tetapi sebahgian besar penduduk pulau Adonara selalu ke tempat ini untuk meminta restu jika hendak memulai sebuah perjuangan hidupnya.

Desa Adonara memiliki Danau Kota Kaya yang menghasilkan ikan air tawar jenis Bandeng yang luar biasa lesatnya. Uniknya lagi, Ikan Air tawar yang terletak di danau Kota Kaya ini tidak bisa diperjual belikan sesuai aturan adat yang digariskan turun temurun dari nenek moyang.

Selain Danau Kota Kaya, Desa Adonara juga memiliki situs bersejarah berupa sebuah Benteng Militer peninggalan tentara Portugis. Benteng ini berdiri setelah Benteng Lohayong di pulau solor yang sama didirikan oleh Portugis. Konon, tentara Portugis mencari dataran yang tinggi di pinggir pantai untuk memantau pergerakan musuh yang datang dari laut. Karena Desa Adonara memiliki letak geografis yang strategis untuk membangun pertahanan militer, maka Portugis memutuskan untuk membangun benteng di tempat itu. Portugis meninggalkan benteng tersebut setelah dikalahkan oleh Tentara Belanda, dan hijrah ke Pulau Timor. Sisa-sisa peninggalan benteng portugis di Desa Adonara saat ini masih ada dan peralatan perang yakni beberapa meriam

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Apakah Informasi Website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, bermanfaat bagi Anda?
  Tidak Bermanfaat
  Kurang Bermanfaat
  Sangat Bermanfaat
  Bermanfaat

Komentar Terakhir