Festival Budaya NUBUN TAWA

By Admin Pariwisata 21 Agu 2018, 03:43:42 WIBWisata Budaya

Festival Budaya NUBUN TAWA

Nubun Tawa, Festival Seni-Budaya Flores Timur lahir dari kesadaran akan pentingnya menghidupkan dan menjaga budaya yang menjadi perekat  keberagaman yang ada di bumi Lamaholot Flores Timur. Festival menjadi sarana untuk mengembalikan  kebudayaan pada basis ekosistemnya. Lewolema dipilih sebagai lokus pertama festival karena merupakan salah satu pusat kebudayaan Lamaholot di masa lalu dan terutama karena represivitas, pelarangan dan pemberangusan kebudayaan di tahun 1970-an yang mengakibatkan masyarakat kehilangan kepercayaan dalam membangun dan merawat daya hidup serta identitas kolektif-kulturalnya.

Nubun Tawa yang bermakna: lahir/tumbuhnya generasi muda adalah spirit sekaligus dukungan terhadap generasi muda agar percaya diri  serta memiliki keberanian memungut kembali kepingan-kepingan kebudayaan yang dibiarkan mati selama hampir setengah abad. Generasi muda Lamaholot (Lewolema) harus  menemukan kembali konsep diri, standar sikap dan laku yang otentik terutama di dalam menenun masa depannya. Tidak  ditipu oleh kemilau baju pinjaman serta ilusi dan sensasi warna-warni kebudayaan yang  tidak mengakar di jantung kehidupan; menjadi bagian dari sejarah keberadaan komunitasnya.

Festival ini diharapkan menjadi gerakan bersama memajukan diri dan  masyarakat. Membangun daya hidup, spirit bekerja dan berkarya. Meluaskan dan memperhebat pergaulan lintas-budaya dalam ketergantungan produktif untuk saling menjaga dan merawat kualitas hidup di tengah  banalitas ekspresi, kekerasan dan konsumtivisme. Generasi muda Lewolema harus menjadi tuan di rumahnya sendiri dan menjadikan komunitasnya rumah yang nyaman bagi  orang lain atas dasar saling menghormati dan merawat perbedaan dengan hati yang tulus dan  sederhana.

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. niaga 13 Sep 2018, 09:14:18 WIB

    bagus

View all comments

Write a comment

Online Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Apakah Informasi Website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, bermanfaat bagi Anda?
  Tidak Bermanfaat
  Kurang Bermanfaat
  Sangat Bermanfaat
  Bermanfaat

Komentar Terakhir