Pati Ea Ritual Hasil Panen Masyarakat Boru Kedang

By Admin Pariwisata 13 Agu 2018, 23:59:10 WIBWisata Budaya

Pati Ea Ritual Hasil Panen Masyarakat Boru Kedang

Pati Ea, Ritual Hasil Panen Masyarakat Boru Kedang Flores Timur, Desa Boru Kedang, salah satu desa yang terletak di ujung barat Wulanggitang, 61 km dari Ibukota Flores Timur.

Pati ea  merupakan ritual  adat yang dilakukan oleh keluarga untuk mensyukuri hasil panen tahunan dan upacara pengantaran jiwa-jiwa bagi orang yang sudah meninggal. ritual pati ea yang dilaksanakan adalah ritual menumbuk padi yang sebelumnya telah direndam menggunakan air.

Kemudian padi tersebut dijadikan emping. Proses menumbuk padi selalu diawali dengan sebuah ritual khusus di mana para leluhur diundang untuk menghadiri acara dan sekaligus meminta restu dari leluhur. pembagian tugas telah ditentukan di mana kaum laki laki menggoreng padi (goreng padi tanpa menggunakan minyak), sedang kaum ibu melaksanakan tumbuk padi yang diiring dengan dolo, yang terbagi dalam beberapa kelompok sambil mengitari lesung yang telah disiapkan.

Selanjutnya proses menapis emping pun dilakukan. tak semua orang harus menapis, dan selama menapis haram hukumnya bagi masyarakat yang ingin mencoba emping, sebelum diolah menjadi pangan lokal yang layak. setelah melaksanakan ritual tumbuk padi, malam harinya, semua suku yang ada wajib memanggil arwah di rumah adat, Karena menurut kepercayaan dan keyakinan masyarakat adat Boru Kedang, setelah seseorang meninggal dunia, arwahnya masih berada di sekitar keluarganya yang masih hidup

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Apakah Informasi Website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, bermanfaat bagi Anda?
  Tidak Bermanfaat
  Kurang Bermanfaat
  Sangat Bermanfaat
  Bermanfaat

Komentar Terakhir