Pelabuhan Larantuka, Pintu Menuju Wisata Alam Flores Timur

By Admin Pariwisata 03 Mei 2018, 01:33:16 WIBWisata Alam

Pelabuhan Larantuka, Pintu Menuju Wisata Alam Flores Timur

Larantuka adalah ibukota Kabupaten Flores Timur. Letaknya di ujung timur Pulau Flores. Bagi sebagian penduduk Indonesia, Larantuka dikenal sebagai tempat dimana tradisi umat Katolik sangat kental lewat perayaan Tuan Ma tiap tahun. Tapi ada hal lain yang harusnya tak layak dilupakan yakni Pelabuhan Larantuka.

pelabuhan Larantuka ini sangat penting karena justru dialah yang menjadi gerbang masuk ke sejumlah wisata alam di Flores Timur. Dari pelabuhan ini pula mereka yang suka traveling bisa mengambil akses ke beberapa pulau kecil di sekitar; misalnya Pulau Adonara dan Pulau Lembata.

Pelabuhan Larantuka juga menjadi tempat persinggahan kapal-kapal penumpang besar yang biasa melayani transportasi laut di Indonesia. Maka jangan heran kalau pelabuhan ini sangat ramai sepanjang pekan.

Letak pelabuhan ini berada di pusat kota Larantuka. Jadi, bagi kamu para pendatang baru di tanah nagi, julukan untuk Larantuka, dan ingin melanjutkan perjalanan laut dengan kapal sudah pasti kamu akan datang ke pelabuhan ini.

Karena letaknya di tengah kota, maka akses ke pelabuhan ini juga cukup mudah. Kalau kamu menggunakan perjalanan darat dari Maumere, kamu minggal ngomong ke sopir agar diantar ke pelabuhan Larantuka maka kamu pasti dibawa ke sana.

Sementara bagi kamu yang menggunakan transportasi udara, kamu akan turun di Bandar Udara Gewayantana. Bandar udara ini terletak di Desa Tiwatobi, Kecamatan Ile Mandiri. Perjalanan dari bandara ke Pelabuhan Larantuka bisa ditempuh dengan menumpang ojek atau taksi. Lama perjalanan sekitar 30-45 menit.

Bagi kamu yang hanya mengambil jatah traveling di sekitar kota Larantuka, jangan bingung. Pelabuhan ini juga bisa kamu jadikan objek wisata yang menarik sekaligus titik awal menuju ribuan bahkan jutaan wisata alam di sekitar Flores Timur. Pasalnya, air laut di pantai ini masih sangat jernih sehingga dijamin bisa menghadirkan view yang luar biasa.

Aktivitas pelabuhan, langit biru, laut bersih dengan jarak pandang yang dibatasi Pulau Adonara di seberang lautan, dijamin menghadirkan nuansa unik nan cetar.

Kalau kamu seorang fotografer dan hendak mengabadikan aktivitas di pelabuhan Larantuka, datanglah di antara pukul delapan pagi hingga pukul dua siang. Pada jam-jam ini biru langit dan laut akan berpadu sehingga bisa hasil jepretan kamu makin maksimal.

Juga, jam-jam tersebut adalah jam keberangkatan kapal-kapal yang hendak mengadakan penyeberangan ke Pulau Adonara atau Pulau Lembata. Kamu bisa memotret kapal-kapal yang sedang mengarungi lautan biru hingga ke balik Pulau Adonara.

Letak kota Larantuka yang memanjang dan dihimpit oleh tepian laut dan gunung Ile Mandiri juga bisa jadi satu objek yang menarik. Kamu bisa membayangkan bahwa ketika kita berdiri di pelabuhan Larantuka, di sisi yang satu lautan luas terbendang dengan Pulau Adonara di seberang, sementara di sisi yang lain gunung Ile Mandiri menjulang menuju langit biru.

Sungguh teramat indah.

 

https://satutenda.com/pelabuhan-larantuka-pintu-menuju-wisata-alam-flores-timur/

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Apakah Informasi Website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, bermanfaat bagi Anda?
  Tidak Bermanfaat
  Kurang Bermanfaat
  Sangat Bermanfaat
  Bermanfaat

Komentar Terakhir