Pesona di Timur Pulau Flores yang Masih Mencari Bentuk

By Admin Pariwisata 03 Mei 2018, 00:04:24 WIBWisata Alam

Pesona di Timur Pulau Flores yang Masih Mencari Bentuk

Tidak dapat dipungkiri bahwa pulau Flores mempunyai keindahan alam yang begitu indah. Namun sayang belum banyak orang (baca: wisatawan) yang menikmati karena beberapa faktor seperti kurangnya informasi dan promosi, sampai pada kendala akomodasi yang boleh dikata tidak murah.

Dari sisi barat ada Labuan Bajo yang ditetapkan sebagai 10 destinasi wisata unggulan, sudah banyak khayalah yang tahu. Beranjak lagi ke arah tengah ada Ende yang merupakan daerah di mana bung Karno pernah diasingkan, wisata sejarah dapat di angkat di situ. Beranjak lagi ke timur, ada Maumere yang terdapat danau Kelimutu dengan keunikan terdapat tiga danau yang masing-masing berbeda warnanya. Destinasi ini juga tidak asing dan pernah tertampil di pecahan uang 5.000 rupiah pada seri tahun 1992.

Semakin ke timur pesona Flores masih ada. Akan ditemui daerah yang indah. Pesisir pantainya yang begitu tenang, yang dikelilingi oleh beberapa pulau yang jaraknya tidak begitu jauh. Sedangkan di pulau tersebut tidak jauh dari pantainya akan ditemui dataran tinggi yang setinggi gunung yang sudah mati. Dilihat dari pulau sebelahnya akan tampak indah, laut yang berpadu dengan gunung yang diselimuti awan putih di atasnya. Inilah pesona di ujung timur pulau Flores, yang secara administrasi berada di kabupaten Flores Timur yang beribukota Larantuka.

Pesona bukit dan laut

Keunggulan pantai di Flores Timur ini adalah pantainya yang begitu tenang dengan ombak yang tidak terlalu besar. Hal ini dikarenakan di sekitar pulau Flores bagian timur dikelilingi oleh pulau Adonara dan Solor. Maka pantai di sekitar Larantuka tersebut tampak stabil seakan tidak terjadi pasang naik dan surut.

Di Larantuka sendiri terdapat dataran tinggi yang masyarakat menyebutnya ile Mandiri, ile dalam masyarakat setempat berarti gunung. Dan gunung tersebut tidak begitu jauh jaraknya dengan bibir pantai. Akan tampak lebih bagus bila kita melihatnya dari pulau Adonara, akan tampak gunung Mandiri itu tampak indah dengan laut sebagai kaki gunungnya. Mungkin akan lebih bagus lagi melihat laut di ketinggian gunung Mandiri itu, pesona ini bisa menjadi andalan tersendiri.

Pesona bawah laut

Selain pantai dan deretan perbukitan yang indah. Di pantai Larantuka ini menyimpan keindahan yang tersembunyi dibawah laut. Terumbu karang di sekitar pulau Adonara masih cukup baik, sayang di sekitar pantai Larantuka kondisinya sudah agak rusak dikarenakan pada waktu dahulu masyarakat masih kurang sadar menggunakan bom untuk menangkap ikan. Saat ini aktifitas itu sudah tidak terjadi lagi, boleh dikatakan pantai pada proses pemulihan.

Air laut yang jernih, adanya terumbu karang, serta ombak yang tenang melakukan snorkeling akan mendapat pengalaman tersendiri. Sambil lalu juga dapat menikmati pemandangan yang tampak gunung begitu dekat, jika cuaca cerah akan tampak gumpalan awan putih berarak lambat.

Pesona danau

Selain wisata pantai, tidak jauh dari Larantuka dengan berbeda kecamatan, kita dapat mengunjungi Danau Waibelen yang berada di wilayah wilayah Desa Riangkeroko dan Waibao, kecamatan Tanjung Bunga. Danau ini oleh masyarakat sekitar disebut danau asmara. Penyebutan kata asmara ini dilatarbelakangi oleh sebuah kisah –yang katanya nyata- di sekitar tahun 70-an ada dua sejoli yang memadu kasih tetapi tidak disetujui oleh salah satu keluarga. Maka daripada berpisah kedua sejoli itu menceburkan diri merengang maut di danau ini.

Danau ini masih alami, masih belum terjamah bangunan. Untuk mencapai ke danau ini harus melalui jalan menanjak yang kondisinya masih belum beraspal. Di beberapa ruas memang ada perbaikan dan itu masih belum merata. Danau ini sepertinya terbentuk karena berada pada suatu lembah. Untuk mencapai bibir danau kita harus melalui jalan yang menurun. Cukup lumayan ada jalur khusus yang telah diberi semen, dan selebihnya masih berupa jalur dengan menebang pepohonan atau menyisihkan belukar.

Masih mencari bentuk

Pengembangan destinasi wisata di Kab. Flores Timur umumnya dan Larantuka khususnya harus diakui masih membutuhkan perhatian. Di sana sini masih perlu perbaikan yang berarti. Keberadaan bandara Gewayantana cukup berarti sebagai pintu masuk dan keluar Larantuka. Berberapa yang perlu diperhatikan adalah:

Belum fokus destinasi wisata.Jika kita tanyakan kepada masyarakat sekitar dimanakah obyek wisata yang bagus? Mereka akan bingung menjawabnya. Sepanjang garis pantai di Larantuka mempunyai keindahan tersendiri, dan ini masih belum difokuskan dimanakah pesisir pantai yang menjadi andalan. Pemerintah kiranya dapat menentukan satu titik atau lebih pesisir pantai yang akan menjadi tujuan wisata. Kemudian dapat dibangun sarana dan prasarana pendukung seperti pengadaan air bersih, penginapan, tempat makan, dan pasar souvenir.

Selain itu perlu juga di beberapa daerah dataran tinggi dapat dijadikan tempat wisata untuk melihat pemandangan laut. Perlu diberi tempat khusus bagi wisatawan yang saat ini gemar memotret dan selfie. Jika hal ini dikembangkan maka Flores Timur akan dapat menjadi daerah yang unik, dengan menggabungkan wisata bahari dan pengunungan dalam satu paket.

Akomodi dan transportasi perlu ditambah. Tempat penginapan di daerah ini perlu ditambah jika ingin dikembangkan daerah wisata. Beberapa hotel yang bagus sudah ada, tinggal menambah beberapa lagi penginapan dengan harga terjangkau sehingga dapat menarik wisatawan dari tempat jauh.

Masalah angkutan perlu diperhatikan terutama yang umum. Selama ini jasa angkutan masih didominasi kendaran plat hitam yang tentunya harganya mahal dan perlu rombongan. Masalah transportasi perlu diperbaiki (jika perlu disubsidi) terutama akses menuju daerah wisata, penginapan, dan bandara.

Infrastuktur perlu dibenahi. Terutama jalan, jembatan, serta drainase perlu mendapat perhatian dari pemerintah untuk menuju daerah wisata. Perbaikan dapat multi fungsi, selain mempermudah akses kepada wisatawan juga akan membantu laju mobilitasi warga. Pengadaan air bersih juga diperlukan. Beberapa daerah masih ditemukan warga mencari air bersih di tempat jauh dan tampak berjalan kaki.

Cakupan telekomunikasi perlu diperhatikan.Masalah sinyal telekomunikasi perlu mendapat perhatian, beberapa daerah kadang berada zona blank.Keberadaan operator masih didominasi perusahaan pemerintah, sedangkan yang lain malah tidak hadir sama sekali walaupun di daerah pusat kota.

Mengembangkan Flores Timur memang harus melibatkan semua pihak mulai dari pemerintah daerah sampai pusat. Peranan dari swasta dan masyarakat juga tidak kecil bentuknya. Mengembangkan industri pariwisata harus di desain dengan baik dengan mensinergikan semua pihak.

https://www.kompasiana.com/hery_supriyanto/pesona-di-timur-pulau-flores-yang-masih-mencari-bentuk_5747ff3fe022bd98089eb3cc

 

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Jasa SEO Terpercaya 26 Nov 2018, 09:04:40 WIB

    Situsnya bagus sekali pak boss... Senang berkunjung ke sini. :)
    www.rozayraw.com/member/jasaseo :: https://issuu.com/jasaseohandal :: http://jasaseoterbaik.site123.me

View all comments

Write a comment

Online Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Apakah Informasi Website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, bermanfaat bagi Anda?
  Tidak Bermanfaat
  Kurang Bermanfaat
  Sangat Bermanfaat
  Bermanfaat

Komentar Terakhir

  • Alat musik Bali

    tidak ada beritanya ...

    View Article
  • urgence Plombier Issy Les Moulineaux

    Thanks ...

    View Article
  • urgence plombier neuilly sur seine

    Great ...

    View Article
  • urgence plombier paris 4

    https://www.ok-plombier.com/nos-agences-de-plomberie/neuil ly-sur-seine-92200/ ...

    View Article