LARANTUKA, FLORESPOS.net-Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Festival Bale Nagi. Festival tahunan dalam Karisma Even Nusantara (KEN) itu berlangsung pada tanggal 2-6 April 2024.

Pelaksanaan Festival Bale Nagi dengan tema “Mari Torang Bua Bae Nagi Tana” ditandai launcing/peluncuran yang dilakukan langsung oleh Penjabat Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi, di ruang rapat Bupati, Kamis (21/3/2024).

Doris Rihi mengatakan, Festival Bale Nagi merupakan kegiatan tahunan yang digelar Pemda Flores Timur melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setelah iven rohani Semana Santa (Pekan Suci).

Karena pada saat Semana Santa, jelas Doris Rihi, sebagian besar bahkan seluruh masyarakat Flores Timur kembali ke kampung halaman. Ini menjadi momen bagi semua merajut kekeluarga dan persaudaraan sebagai satu Lamaholot Flores Timur.

“Sekaligus saat bersamaan, kita ikut Festival Bale Nagi atau Kembali ke Kampung halaman sendiri. Festival ini adalah momen kita bersama merajut kebersamaan dan kekeluargaan. Kita adalah satu keluarga besar Lewotanah Flores Timur,” katanya.

Doris Rihi mengatakan, selain bertujuan mengajak semua merajut kebersamaan dan kekeluargaa, Fetsival Bale Nagi bertujuan terus menggali, merawat dan melestarikan nilai-nilai adat istiadat yang diwariskan para lelulur.

Doris Rihi mengajak seluruh masyarakat baik yang ada di Flores Timur yang ada di luar untuk hadir dan mengikuti Festival Bale Nagi Tahun 2024 di Larantuka, Kabupaten Flores Timur.

“Kita ikat kembali kebersamaan dan kekeluargaan. Kita duduk dan berdiskusi bersama, kita membangun kekuatan bersama untuk membangun Lewotanah Flores Timur tercinta. Saya ajak kita semua ikut Festival Bale Nagi,” katanya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur Servulus Satel Demoor mengatakan, Festival Bale Nagi dilaksanakan dari tanggal 2-6 April 2024, dipusatkan di Taman Kota Felix Fernandez Larantuka.

 

 

Servulus mengatakan, pada Festival Bale Nagi akan digelar karnaval budaya, pameran ekonomi kreatif, pentas seni dan budaya, berbagai perlombaan dan lainnya. Khusus perlombaan pendaftaran secara gratis.

Sementara untuk pameran dan karnaval melibatkan berbagai pihak mulai komunitas seni budaya, komunitas kreatif, pelaku usaha ekonomi kreatif, kelompok pecinta lingkungan dan lainnya.

“Kami juga melibatkan dua kabupaten tetangga, yakni Lembata dan Sikka untuk pentas seni dan pameran ekonomi kreatif/UKM. Festival Bale Nagi berlangsung mulai tanggal 2-6 April dipusatkan di Taman Kota Felix Fernandez,” katanya.

Servulus mengatakan, Festival Bale Nagi didukung penuh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Program Karisma Even Nusantara (KEN) dan dukungan para sponsor.

Kata Servulus, dana kegiatan Festival Bale Nagi Tahun 2024 bersumber dari alokasi APBD Flores Timur sebesar Rp 197 juta dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebesar Rp 120 juta serta dari sponsor.

“Kegiatan Festival Bale Nagi ini sudah masuk dalam KEN Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sehingga kita mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pada kesempatan ini, kami mengajak kita semua ikut dan mendukung pelaksanaan Festival Bale Nagi,” katanya.

Hadir pada launcing Festival Bale Nagi, yakni Sekretaris Daerah Flores Timur, Petrus Pedo Maran, Staf Ahli Bupati Yitno Wada dan Bregmans Tukan, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Servulus Satel Demoor, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Katarina M. Riberu, Kepala Dinas Kominfo Heronimus Lamawuran dan Raja Larantuka, Don Tinus DVG. *

Penulis: Wentho Eliando I Editor: Anton Harus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *